Kelompok Dukungan Orangtua: Menyelami Peran Mereka dalam Pendidikan Akhlak di Kecamatan Jeruklegi

Pendidikan akhlak merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan karakter individu. Namun, tanggung jawab ini tidak hanya melekat pada lembaga pendidikan formal, melainkan juga pada orangtua sebagai agen utama dalam mendidik anak-anak mereka. Di Kecamatan Jeruklegi, sebuah kelompok dukungan orangtua telah dibentuk untuk mendukung dan memperkuat peran orangtua dalam pendidikan akhlak.

Peran Kelompok Dukungan Orangtua

Kelompok Dukungan Orangtua (KDO) di kecamatan jeruklegi merupakan sebuah inisiatif masyarakat yang bertujuan untuk memberikan dukungan, pengetahuan, dan sumber daya kepada orangtua dalam pendidikan akhlak. Melalui berbagai kegiatan dan program, KDO hadir sebagai wadah bagi para orangtua untuk saling berbagi pengalaman, mendapatkan informasi terkini tentang pendidikan akhlak, dan berkolaborasi dalam membentuk karakter anak-anak mereka.

Dengan adanya KDO, orangtua dapat belajar dari pengalaman dan pandangan orangtua lain yang telah menghadapi tantangan yang serupa dalam mengasuh anak-anak mereka. Mereka juga dapat menerima bimbingan dan saran dari para ahli pendidikan akhlak, sehingga dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang cara membangun akhlak yang baik pada anak-anak mereka.

Program dan Kegiatan KDO

Kelompok Dukungan Orangtua menyelenggarakan berbagai program dan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan peran orangtua dalam pendidikan akhlak. Beberapa program yang dilakukan oleh KDO antara lain:

  1. Pelatihan dan workshop mengenai pendidikan akhlak
  2. Kelas parenting untuk membantu orangtua dalam menghadapi tantangan dalam mendidik anak-anak mereka
  3. Pertemuan rutin untuk berbagi pengalaman dan mendiskusikan topik terkait pendidikan akhlak
  4. Penyuluhan mengenai pentingnya peran orangtua dalam membentuk karakter anak
  5. Program mentoring untuk membantu orangtua dalam penerapan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari

Selain program-program tersebut, KDO juga sering mengadakan kegiatan-kegiatan sosial seperti bakti sosial dan kunjungan ke panti asuhan untuk mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan kepada anak-anak.

Kepala Desa Tritih Lor

Bapak Achmad Zaenudin merupakan kepala desa Brebeg yang terletak di Kecamatan Jeruklegi. Sebagai kepala desa, beliau sangat mendukung kelompok dukungan orangtua dan berperan aktif dalam meningkatkan peran orangtua dalam pendidikan akhlak. Bapak Achmad Zaenudin menyadari bahwa pendidikan akhlak yang baik adalah investasi jangka panjang untuk mewujudkan masyarakat yang berintegritas dan memiliki moral yang tinggi.

Dalam upaya mendukung kelompok dukungan orangtua, Bapak Achmad Zaenudin sering menghadiri pertemuan dan acara yang diselenggarakan oleh KDO, memberikan motivasi kepada para orangtua, dan menjalin kerjasama dengan pihak terkait untuk memperluas jangkauan program KDO.

Also read:
Peningkatan Kualitas Hidup Melalui Kesadaran Teknologi di Desa
Budaya Bersih di Desa Brebeg

Kesimpulan

Kelompok Dukungan Orangtua memainkan peran penting dalam pendidikan akhlak di Kecamatan Jeruklegi. Melalui dukungan, pengetahuan, dan kolaborasi dengan orangtua, KDO memberikan kontribusi nyata dalam pembentukan karakter anak-anak yang memiliki akhlak yang baik. Dukungan dari kepala desa dan pihak terkait lainnya menjadi katalisator dalam keberhasilan program-program KDO. Dengan adanya Kelompok Dukungan Orangtua, diharapkan pendidikan akhlak yang berkualitas dapat terus ditingkatkan di kecamatan jeruklegi untuk menciptakan generasi penerus yang memiliki moralitas yang kuat.

Kelompok Dukungan Orangtua: Menyelami Peran Mereka Dalam Pendidikan Akhlak Di Kecamatan Jeruklegi

Bagikan Berita

depo 25 bonus 25

depo 50 bonus 50

depo 50 bonus 50

depo 50 bonus 50

deposit 25 bonus 25

https://misabilulrasyad.sch.id/wp-includes/js/depo25-bonus25/